Kerajinan Batik Di Malinau Seberang

0 196
Kerajinan Batik Di Malinau

Pada pelantikan pengurus Lembaga Adat Besar Tidung Kabupaten Malinau yang dilaksanakan di Taman Malinau Jajok, Desa Wisata Budaya Serindit Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara. Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si juga meresmikan Show Room Batik Malinau.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada seluruh pengrajin batik di Malinau, khususnya pengrajin batik di Show Room Batik Tidung untuk terus meningkatkan produksi maupun kualitas batik. Bupati juga mengharapkan agar para pengrajin ini dibina oleh Lembaga Adat Besar Tidung dan juga dibina oleh lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat, seperti PKK dan lembaga lainnya.

“Saya harapkan para pengrajin, tolong jangan berhenti setelah diresmikan. Justru harus ditingkatkan. Pengalaman saya, setelah kita resmikan, setelah kita promosikan, malah bukan meningkat, tapi menurun,” kata Bupati Malinau Yansen TP.

Ia juga berharap, dengan diresmikan Show Room Batik Tidung, batik Serindit yang merupakan salah satu ciri khas batik di Malinau terus ada dan lestari, sebab oleh Bupati, batik Serindit sudah ia, PKK dan Pemkab Malinau promosikan. “Jadi tolong jangan berhenti setelah diresmikan, tapi harus ditingkatkan terus ya. Di Irau Malinau tahun ini, budaya batik Malinau ini harus kita tampilkan,” pesannya.

Sementara itu, saat menyampaikan sambutan, Ketua Lembaga Adat Besar Tidung Malinau Drs. H. Edy Marwan, M.Si memohon dengan hormat kepada Bupati untuk dapat meresmikan Show Room Batik Tidung. “Di sana (show room) ada batik yang dikenal dengan nama batik Busak Malay, Tanduk Galung, Mahkota dan ada beberapa nama batik lainnya termasuk batik Serindit yang memang sudah melegenda kemana-mana. Tentunya ini adalah berkat dorongan Bapak Bupati dalam rangka untuk melakukan pembinaan kepada kami,” ungkapnya.

Source http://kaltara.prokal.co http://kaltara.prokal.co/read/news/17532-kerajinan-batik-harus-terus-ditingkatkan.html
Comments
Loading...