Kerajinan Batik Di Turen

0 285

Kerajinan Batik Di Turen

Kecamatan Turen, Malang dikenal banyak memiliki industri UMKM mandiri. Salah satunya adalah Batik Bambu Kenongo di Jalan Tanjungsari Gang 2 yang dirintis oleh ibu-ibu rumah tangga, dan kini berkembang. Bermula dari  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM), Sri Widjiayati, bersama warga setempat, berinisiatif mengikuti pelatihan. “Kami berinisiatif mendatangkan perajin batik asal Tajinan, dari situ kami mulai belajar proses pengerjaannya,” ujarnya.
Dibantu pemerintah melalui PNPM, ia bersama teman-temannya tidak mau membuang  peluang emas. “Setelah mendapat pelatihan kita beranikan untuk jalan sendiri. Namun, kita menghadapi kesulitan dalam penjualannya,” terangnya.

 “Kita sempat hampir menyerah saat mengalami kesulitan penjualan. Namun saat mengikuti pameran kita mulai bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang,” lanjut perempuaan yang murah senyum itu.

Diakuinya, berkat kerja sama tersebut banyak keuntungan yang paguyuban batik Bambu Kenongo ini. Hingga setiap kali ada pameran batik, Bambu Kenongo selalu ambil bagian. “Dari pameran yang kami ikuti, pemasaran kita mulai berjalan,” bebernya.

Dalam pengembangannya, Widjiyati bersama kelompoknya telah memiliki rencana untuk membuka butik. Ia juga berharap, dengan semakin banyaknya pesanan, UMKM yang diketuainya bisa membuka lowongan pekerjaan bagi pengangguran

Comments
Loading...