Kerajinan Batik Ecoprint Di Surabaya

0 186

Kerajinan Batik Ecoprint Di Surabaya

Di tangan Narsih Setyawan, dedaunan kering dan bunga di pekarangan bisa disulap menjadi pewarna alami sekaligus pencetak motif kain yang unik.

“Ini lagi ramban daun srikaya. Minta tetangga, soalnya nggak punya tanaman sendiri,” katanya ramah saat ditemui di Surabaya. Wanita penyuka warna hitam itu sedang memetik dedaunan dari pohon srikaya di depan rumahnya. Daun yang ia pilih adalah daun yang segar dan berbentuk utuh.

Tidak berhenti di pohon srikaya, ibu satu anak yang akrab disapa Awang ini juga memetik beberapa bunga matahari kecil yang juga ada di pekarangan depan rumahnya.

Warnanya yang kuning itu dalam benak Awang akan menghasilkan paduan warna yang cerah.

Kemudian ia kembali masuk ke rumahnya dan mebeber kain berwarna putih yang pinggirannya sudah diberi warna biru.

Di sampingnya sudah ada palu cukup besar dan sebuah plastik transparan. Dedaunan yang baru ia petik itu lalu ditatanya membentuk tatanan simetri di kain tersebut. Setelah dirasanya cukup cantik membentuk pola, tatanan daun itu ditutup plastik transparan dan dipalu agar menempel.

Source http://jatim.tribunnews.com http://jatim.tribunnews.com/2017/02/08/narsih-setyawan-pengusaha-ecoprint-jadikan-daun-dan-bunga-motif-kain-yang-unik
Comments
Loading...