Kerajinan Batik Hitam Putih Di Solo

0 120

Kerajinan Batik Hitam Putih Di Solo

Kampung Batik Laweyan merupakan salah satu sentra batik yang ada di kota Solo. Laweyan merupakan salah satu kampung tua di kota Solo, drug yang kini juga menjadi nama kelurahan dan Kecamatan di kota Solo. Kampung ini sudah ada sejak abad ke-14 pada jaman kerajaan Pajang. Laweyan berasal dari kata Lawe yang berarti benang dari kapas yang dipintal, purchase karena pada jaman itu tempat tersebut merupakan sentra pembuatan kain. Hingga saat ini Laweyan terkenal menjadi sentra batik dan kain terutama di kota Solo dengan salah satu perajinnya Bu Sulastri.

Memasuki kampung Laweyan seakan memasuki kota lama dengan pemandangan arsitektur lama yang masih kokoh berdiri. Banyak rumah-rumah di Laweyan yang dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh. Rumah-rumah tersebut merupakan kediaman para saudagar batik pada jaman dahulu. Kekayaan mereka bahkan melampaui para bangsawan, sehingga tidak heran mereka bisa membangun istana mereka sendiri.

Batik Hitam Putih

Batik tulis hitam putih, dengan dominasi warna yang sempurna. Warna hitam dan putih dalam batik sangat memiliki kedalaman filosofi. Dengan pewarnaan yang mudah, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pencelupannya. Namun kualitas batik tulis ini tetap memiliki peminat yang banyak. Batik dengan warna hitam putih, seperti kembali ke dasar hidup manusia yang harus lebih dekat kepada Yang Maha Kuasa. Berbeda dengan batik pedalaman pada umumnya yang penuh dengan sogan dan dominasi warna coklat, batik hitam putih hanya memiliki warna putih cerah, dan hitam yang apabila dilihat detail akan terlihat lebih ke biru gelap atau biru donker.

Warna hitam tidak akan terlalu nampak karena proses pewarnaan batik tulis memang sangat sulit dan rumit, terkadang batik yang dihasilkan melalui proses pencelupan warna yang sama tetapi hasilnya berbeda. Pewarnaan batik ini mirip dengan kain batik yang dipakai di bali, sebagai sarana ibadah atau untuk dipakai sehari-hari. Namun batik tulis ini juga sudah memiliki variasi ditambah dengan kombinasi motif pedalaman yang juga semakin membuat batik hitam putih ini terlihat gagah dan elegan ketika dipakai. Ketika kita berkunjung ke Candi Ceto atau Candi sukuh sekarang ini, maka kita juga akan disarankan memakai kain putih kotak-kotak yang telah disediakan, kain batik tersebut juga merupakan simbol.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-solo-batik-tulis-hitam-putih-dominasi-warna/
Comments
Loading...