Kerajinan Batik Jambu Monyet Khas Wonogiri

0 146

Kerajinan Batik Jambu Monyet Khas Wonogiri

Memasukki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri, sentra batik wonogiren di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah selalu kebanjiran pesanan. Para pemudik yang berasal dari berbagai kota, biasanya membeli batik wonogiren sebagai oleh-oleh.

“Biasanya banyak yang pesan untuk seragam Lebaran. Ada yang pesan kain dengan motif tertentu, ada juga yang pesan pakaian jadi,” tutur Daryono, perajin batik wonogiren sekaligus pemilik Rifky Batik. Selama Ramadhan penjualannya  meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

Kebanyakan pesanan masih berasal dari sekitar Wonogiri, Solo, Boyolali, Semarang dan Yogyakarta. Sedangkan pesanan untuk oleh-oleh dari para pemudik datang dari berbagai kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Sumatra, bahkan Kalimantan.

Batik Jambu Monyet

Batik yang khas dengan warna berani nan cerah, corak dan ragamnyapun unik. Batik jambu mete salah satu produk unggulannya. Menyediakan batik cap dan tulis, dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kapasitas produksi hingga 300 potong/bulan. Pangsa pasar Batik Parnaraya bahkan sudah sampai ke luar negeri. Ausrtalia dan Malaysia, lebih menyukai Batik Tulis Parnaraya Motif Jambu Mete. Sejak berdiri 2 tahun yang lalu, kini Batik Parnaraya sudah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 82 orang.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-jambu-monyet-khas-wonogiri/
Comments
Loading...