Kerajinan Batik Jumputan Di Kota Kediri

0 347

Kerajinan Batik Jumputan Di Kota Kediri

Pola-pola yang indah, warna-warna senadabentuk-bentuk alami dari sekerat benang menjadi pandangan awal dari Batik Jumputan karya Nisa Batik milik ibu Umi Mariani di Griya intan asri A14, Dermo, Kota Kediri. Disebut dengan Batik Jumputan karena pembuatannya yang dijumput-jumput untuk kombinasi warnanya.

Ibu Umi menerangkan, pembuatan Batik jumputan ini tidak menggunakan malam dan hanya dikerut-kerut dengan benang untuk proses pemberian pola pada batik. Awalnya, Bu Umi adalah seorang penjahit baju yang lumayan terkenal. Sekitar empat tahun yang lalu, beliau lantas mulai menggeluti Batik karena saat itu pemerintah Kota Kediri seperti mulai menggalakkan Batik.

Saat pertama kali memulai membatik, beliau juga membuka kursus membatik di rumahnya. Namun sekarang, beliau hanya fokus untuk membatik saja karena terkendala faktor usia. Walaupun sudah tidak menerima kursus Batik, namun antara Bulan Juni-Agustus, beliau sering menerima siswa-siswa Tata Busana SMKN 3 Kediri yang menjalankan Prakerin di tempat beliau.

Di Griya Nisa Batik, beliau dibantu dengan 5 orang pembatik dan 1 orang penjahit yang untuk pengerjaannya dibawa pulang ke rumah masing-masing. Motif unggulan dari Nisa Batik milik Bu Umi ini adalah motif Galuh Kediri. Sebuah motif gabungan dari Jumput dan Sasirangan. Beliau bertutur, motif-motif Batik jumputan yang beliau ciptakan adalah hasil imajinasi saja karena memang teknik membuat Batik Jumputan tidak bisa dipola seperti Batik Tulis.

Untuk pemasaran Batik Jumputannya, Bu Umi berkata belum membuka show room resmi untuk mendisplay karya Batiknya. Untuk pemasarannya, selama ini masih dengan mengikuti pameran-pameran yang diadakan Dinas Kota, didisplay di Sanggar Busana SMKN 3 Kediri atau “diambili” oleh saudara-saudara beliau untuk dipasarkan secara mulut ke mulut.

Untuk harga, beliau memasang harga yang relatif murah yakni sekitar 90rb rupiah untuk satu lembar batik jumputan (2,10 x 1,15 meter). Ketika ditanya omset, beliau mengatakan masih belum banyak karena tujuan utama beliau adalah memberi kesibukan ibu-ibu di sekitar rumahnya agar tidak nganggur.

Source http://kimaspekori.blogspot.co.id http://kimaspekori.blogspot.co.id/2015/04/sejumput-keindahan-batik-jumputan-nisa.html
Comments
Loading...