Kerajinan Batik Kayu Di Bantul

0 171

Kerajinan Batik Kayu

Aneka kerajinan batik kayu produk usaha kecil menengah sentra kerajinan Krebet, Desa Sendangsari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta diekspor ke berbagai negara di Benua Eropa.

“Kalau pasar ekspornya ke negara-negara di Eropa misalnya Polandia. Kemudian juga ke negara Amerika seperti Kanada,” kata Ketua Koperasi UKM batik kayu ‘Sidokaton’ Krebet Yulianto di Bantul.

Berbagai produk kerajinan batik kayu atau kerajinan kayu yang dibatik produk sentra Krebet yang diekspor itu di antaranya kotak tempat tisu, wayang kayu, topeng batik serta hiasan interior rumah lainnya.

“Kalau untuk kerajinan batik kayu Krebet, pasaranya lebih banyak ke dalam negeri, karena jaringan kami lebih banyak di dalam negeri, sementara luar negeri hanya lewat perusahaan eksportir,” katanya.

Yulianto mengatakan, di sentra Krebet ada sebanyak 57 UKM (usaha kecil menengah) atau rumah produksi batik kayu dengan jumlah perajin keseluruhan mencapai sekitar 450 orang yang merupakan warga sekitar. Sementara itu, terkait dengan promosi kerajinan, kata dia, masih terkendala, sebab mayoritas pengusaha batik kayu masih mengandalkan promosi langsung dan bukan melalui sistem online yang berkembangan seperti sekarang ini.

Source Kerajinan Batik Kayu Di Bantul Kerajinan Batik Kayu Di Bantul
Comments
Loading...