Kerajinan Batik Khas Banyumasan

0 125

Sentra Kerajinan Batik berada di Jalan Mruyung, Banyumas. Ketika memasuki  sebuah showroom batik, deretan batik dengan motif Banyumasan segera menyergap pandangan mata. Masih dalam satu atap, aktivitas lain berlangsung. Beberapa perempuan sedang memberikan motif pada kain-kain putih. Sementara yang lain, beberapa sudah nampak tua, melukis kain-kain dengan pena batiknya.

Banyumas juga menyimpan kekayaan batik. Pada tahun 1970-an batik Banyumas sempat populer. Namun kini, keberadaan semakin tergeser. Meski trend batik sedang naik daun, tapi batik Banyumas serasa sulit menembus kecenderungan itu.

Batik Banyumas di buat dengan tangan (tulis), cap, serta ada juga yang di sablon. Batik Banyumas memiliki ciri yang membedakan batik dari daerah lain. Warna asli Batik Banyumasan adalah coklat dan hitam dengan pelataran warna kuning tua.

Pembuatan Batik Banyumas

Batik Banyumas dibedakan dari cara pembuatannya yakni batik cap dan batik tulis. Batik cap biasanya dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari, sedangkan batik tulis pengerjaannya bisa mencapai tiga sampai enam bulan.

Cara pembuatan ini membedakan harga kedua jenis batik ini. Batik cap dihargai dalam kisaran puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, sementara batik tulis bisa mencapai jutaan rupiah.

Motif Batik Banyumas

Batik Banyumas juga identik dengan motif Jonasan, yaitu kelompok motif non geometrik yang didominasi dengan warna-warna dasar kecoklatan dan hitam. Motif-motif yang berkembang saat ini, antara lain Sekarsurya, Sidoluhung, Lumbon (Lumbu), Jahe Puger, Cempaka Mulya, Kawung Jenggot, Madu Bronto, Satria Busana, dan Pring Sedapur.

Source Kerajinan Batik Khas Banyumasan Kerajinan Batik Khas Banyumasan
Comments
Loading...