Kerajinan Batik Khas Di Lingga

0 184

Kerajinan Batik Khas Di Lingga

Masyarakat Lingga boleh berbangga dengan hasil kerajinan batik yang dibuat Rumah Batik Lingga binaan DInas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperidagkop) Lingga. Hasil batik Lingga cukup dikenal dan mendapat pangsa pasar karena didesainnya yang unik dan khas daerah.

Batik Lingga dibuat unik, karena mulai dari sketsa, desain, pewarnaan, dan pelorotan dilakukan di dalam rumah dengan peralatan sederhana. Menariknya lagi, motif didesain sesuai dengan geografis dan alam Lingga.

Batik Lingga yang merupakan warisan dari Kesultanan Riau Lingga ini kembali diberdayakan oleh instansi terkait untuk meningkatkan kerajinan dan usaha kecil bagi masyarakat Lingga terutama di Daik dan Dabo.

“Rumah Batik ada dua di Lingga, yakni satu di Daik dan satu lagi di Dabo,” ujar Anjas, salah seorang Rumah Batik Lingga.


Dikatakannya, setiap hari ada pengrajin yang melakukan kegiatan membatik tulis di rumah tersebut, mulai dari proses desain, pelilinan, pewarnaan, canting hingga pelorotan.Proses pengerjaan batik dimulai dari pengukuran kain seusuai dengan kebutuhan. Pengukuran sangat penting, karena berkaitan kegunaan untuk pajangan atau untuk baju. Setelah itu, baru dikasih motif.

Dikatakan, jenis motif yang ada di Rumah Batik Lingga sebanyak 21 motif yang terdiri pucuk rebung, kiambang I, kiambang II, tapak leman, bunga cermai, bunga cendawan, potong wajik, tepung talam, dan bunga ketola. Sekarang desain batik Lingga sudah ada yang dikombinasikan masing-masing desain, seperti bunga paku gajah dengan desain tapak leman, awan larat dengan potong wajik.

Source http://www.haluankepri.com/ http://www.haluankepri.com/lingga/26967-batik-lingga-didesain-menarik-dan-khas-.html
Comments
Loading...