Kerajinan Batik Khas Trenggalek

0 259

Di Kabupaten Trenggalek, akan mendapati batik dengan motif bunga cengkeh. Kabupaten yang berada di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki sentra batik di Dusun Jampi, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kab. Trenggalek.

Saat ini di Dusun Jampi setidaknya terdapat 35 pembatik dan dua rumah produksi batik. Imam Sopingi, satu diantara dua pemilik rumah produksi batik mengatakan dusunnya telah lama menjadi pusat batik di Trenggalek. “Dari tahun 70an, simbah-simbah kami telah menjadi pembatik,” cerita Imam.

Cara Pembuatan Batik Tulis Khas Trenggalek

Untuk menghasilkan selembar kain batik, memerlukan proses yang panjang. Dijelaskan Imam, memproduksi kain batik diawali dengan membuat motif menggunakan malam dengan cara dicanting (batik tulis) maupun dicap. Setelah itu ada proses pewarnaan dengan cara dicolet.

Kemudian ada lagi proses pewarnaan dasar. Proses pemberian warna ini bisa sampai beberapa kali, tergantung kombinasi warna yang kita inginkan. Semakin banyak warna, prosesnya semakin panjang. Yang juga spesial dari batik produksi batik dusun Jampi adalah proses pewarnaanya menggunakan pewarna alami.

Tidak hanya menjual batik dalam bentuk kain, Imam juga menjual produk batik dalam bentuk baju, celan sarung, rok, hingga tas. Untuk harga, Imam mematok harga batik cap maupun tulis dari harga Rp90 ribu hingga Rp700 ribu untuk satu lembar kain.

Source Kerajinan Batik Khas Trenggalek Kerajinan Batik Khas Trenggalek
Comments
Loading...