Kerajinan Batik Koral Cappore Di Situbondo

0 98

Kerajinan Batik Koral Cappore Di Situbondo

Situbondo kini memiliki aneka jenis batik khas yang menarik bagi pembeli lokal maupun pangsa pasar regional. Salah satu jenis batik yang kini memiliki prospek menggiurkan adalah batik jenis koral. Pusat kerajinan batik jenis koral ini berada di Lingkungan Cappore RT 3, RW 4, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Situbondo. Belakangan ini batik jenis koral milik Rini semakin kebanjiran order karena memiliki desain yang menarik dan harga yang cukup terjangkau bagi konsumen di Kabupaten Situbondo.

Lurah Ardirejo, Rocky Syahbana mengatakan, pihaknya semakin intens mendorong peningkatan dan pengembangan keberadaan perajin batik jenis koral yang ada diwilayahnya demi untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat. Dorongan ini dinilai sangat penting, kata mantan Sekretaris Lurah Patokan itu, karena jenis batik koral sangat prospek untuk dikembangkan dimasa mendatang. “Bu Camat Panji, juga sudah mendorong kami untuk terus meningkatkan keberadaan perajin batik khas Cappore Kelurahan Ardirejo bernama batik Koral itu,” aku Rocky.

Kata Rocky, jenis batik koral Cappore Ardirejo, nantinya akan segera dipatenkan demi untuk menunjang kelancaran peningkatan kapasitas produksi. Selain itu, kata pria yang juga anggota GP Ansor Situbondo itu, setiap minggu batik koral Cappore akan dibuatkan outlet khusus pada kegiatan CFD (car free day) di jalan protokol Situbondo. “Batik corak Cappore Ardirejo ini sudah dapat mempekerjakan sedikitnya 10 orang. Dengan demikian perajin batik koral sudah bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat sekitar Cappore,” ujar Rocky.

Masih menurut Rocky, batik jenis koral ini sebenarnya sudah cukup lama mengorbit namun karena minimnya promosi, baru kali ini bisa dikenalkan kepada masyarakat luas. Rocky mengaku sangat mengapresiasi ide dan inisiatif masyarakat yang memiliki inovasi dalam pengembangan kerajinan batik koral tersebut. Sejak awal batik koral ada, aku Rocky, memang murni inisiatif dari masyarakat Cappore sendiri. “Khususnya warga yang ada di RT3/4 Cappore Ardirejo Situbondo. Alhamdulillah sekarang batik Ardirejo sudah mulai produksi. Harga yang disediakan untuk konsumen mulai 125 ribu hingga 350 ribu rupiah,” pungkas Rocky.

Source http://harianbhirawa.com http://harianbhirawa.com/2018/11/kelurahan-ardirejo-situbondo-dorong-pengembangan-batik-koral-cappore/
Comments
Loading...