Kerajinan Batik Lebah Di Maluku

0 177

Kerajinan Batik Lebah Di Maluku

Sejumlah wastra Nusantara mewarnai pagelaran Jakarta Fashion Week(JFW) 2019. Mulai dari penampilan batik klasik, hingga tenun yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia Timur.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah koleksi Wansosa milik Lenny Agustin. Desainer dengan rambut warna-warni ini, menampilkan batik yang berbeda dari lainnya.

Lenny menghadirkan rancangan yang dibuat dari batik Maluku. Wanitaberpenampilan nyentrik itu menampilakan 40 koleksi kain batik Xoela, yang merupakan label untuk kerajinan khas Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara

” Saya dan tim melatih 23 pengrajin batik selama 6 bulan dan akhirnya lahirlah koleksi Wansosa yang berarti lebah, ikon kebanggaan Sula,” ungkap Lenny di Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis 25 Oktober 2018.

Motif lebah dipilih untuk menggambarkan identitas asli daerah Sula, yang terkenal sebagai penghasil madu. Keindahan motifnya dituangkan dalam garis desain blus, rok dan jaket. Serta beberapa dress yang dibuat dengan detail unik, asimetris dan oversized.

“Dominannya warna gelap seperti hitam, biru dongker, cokelat dan marun. Tapi pakai warna cerah seperti oranye, biru, hijau, pink dan ungu juga ada untuk menggambarkan lingkungan di sekitar lebah,” imbuhnya.

Tak hanya mengandalkan kekuatan motif, karena Lenny juga mengutamakan kenyamanan. Hal itu terlihat dari pemilihan material yang jatuh pada bahan katun. Dipadukan dengan neoprene, kulit sintetis dan polyester.

Source https://www.dream.co.id https://www.dream.co.id/lifestyle/keren-lenny-agustin-rancang-batik-lebah-maluku-lebih-shopisticated-1810269.html
Comments
Loading...