Kerajinan Batik Limbah Mangrove Di Semarang

0 154

Kerajinan Batik Limbah Mangrove Di Semarang

Tanaman mangrove banyak terdapat di pesisir Semarang. Zie Batik Semarang yang digawangi oleh pasangan suami istri, Marheno Jayanto dan Zalzilah, merupakan salah satu perajin batik yang menggunakan pewarna alami, yaitu mangrove. Mereka adalah perajin batik asal Depok yang akhirnya bermukim di Kampung Malon, Gunungpati, Semarang.

Bahan yang digunakan pada mangrove mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan memanfaatkan limbahan mangrove kering yang sudah jatuh. Mereka tidak menggunakan maupun merusak tanaman mangrove yang masih utuh.Mangrove adalah tanaman pesisir pelindung pantai yang berfungsi menjaga hempasan laut dari penyebab abrasi. Hasil dari proses mangrove, digunakan untuk melengkapi warna-warna pada batik yang diproduksinya.

Biasanya, para petani tambak yang lokasinya berada di dekat pesisir, sering mengeluhkan sampah dari mangrove. Ketika panen mangrove, sampah dari tanaman mangrove yang kering cukup banyak. Dulu sampah-sampah tersebut selalu dibakar begitu saja. Namun dengan adanya perajin batik, limbah sampah mangrove tersebut, bisa digunakan sebagai bahan pewarna pembuat batik.

Source https://ejiebelula.blog https://ejiebelula.blog/2017/12/30/limbah-mangrove-hiasi-motif-zie-batik-semarang/
Comments
Loading...