Kerajinan Batik Lukis Di Ponorogo

0 209

Kerajinan Batik Lukis Di Ponorogo

Batik yang biasanya dibuat menggunakan canting dan malam, kini dirombak total oleh Guntur Sasono. Warga Jalan Kartini, Desa Carat, Kecamatan Kauman, Ponorogo itu menggantikan dua peralatan khas membatik dengan kuas. Produknya, ia namakan batik lukis.

Guntur bertutur, penciptaan batik lukis berawal dari tugasnya sebagai guru seni rupa pada 2009 lalu untuk membuat batik. Ia lalu belajar batik secara otodidak. Namun karena ingin terobosan baru, ia menciptakan batik lukis.

 

“Batik lukis ini one design one product. Jadi, tidak ada yang bisa meniru bahkan saya sendiri juga tidak bisa,” tuturnya.

Menurutnya, batik lukis karyanya tidak dibuatkan pola lebih dulu tetapi langsung dieksekusi di atas kain katun begitu ada inspirasi. Pemilihan kain katun ini disebabkan kain jenis ini mudah menyerap warna dibandingkan kain jenis lain.

“Untuk satu kali, pembuatan batik lukis membutuhkan waktu minimal satu bulan,” ucapnya.

Untuk membuat satu batik lukis, ia harus menunggu kering dulu lukis awalnya baru ditimpa lukisan berikutnya. Seperti itu terus berulang hingga selesai. Saat ini, Guntur mengerjakan dua tipe batik lukis untuk fesyen dan lukisan. “Fesyen biasanya butuh 2,4 meter kain, kalau lukisan sesuai permintaan saja,” katanya.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/3148281/batik-lukis-ponorogo-tanpa-canting-dan-malam
Comments
Loading...