Kerajinan Batik Mantyasih Motif Lumpang Batu Di Magelang

0 136

Kerajinan Batik Mantyasih Motif Lumpang Batu Di Magelang

Sebuah industri rumah tangga yang memproduksi batik tulis yang khas dari Desa Wanurejo, Dusun Tingal Kulon. Keunikan batik tulis ini terlihat dari corak batik yang menggunakan gambar stupa candi Borobudur.

Industri rumah tangga milik Bu Lusi ini baru berdiri selama 2 tahun ini, tetapi sudah memproduksi batik tulis cukup banyak. Selain memproduksi batik tulis dalam bentuk lembaran, industri ini juga memproduksi kemeja dengan corak batik yang khas. Pembuatan batik tulis dalam industri ini masih menggunakan cara yang tradisional. Pada proses pewarnaan, industri ini banyak memproduksi batik tulis menggunakan bahan alami.

Motif Lumpang Batu

Motif utama lumpang batu menyerupai bentuk asli dari lumpang batu namun lebih disederhanakan bentuknya. Motif utama ini menggambarkan batu dengan lubang ditengahnya. Motif lumpang batu ini digambarkan dengan menggunakan garis atau outline bergelombang yang tidak beraturan mengikuti bentuk dari lumpang batu tersebut. Bagian bidang gambar lumpang batu diberikan titik-titik atau motif pengisi cecek yang menyebar dari tingkat jarak yang rapat ke renggang. Motif utama Mantyasih berukuran panjang 9 cm dan lebar 5,5cm. Lubang yang tergambar dari motif lumpang batu memiliki ukuran panjang 3,2 cm dan lebar 2 cm.

Source https://infobatik.id/motif-batik-mantyasih-magelang/ https://infobatik.id/motif-batik-mantyasih-magelang/
Comments
Loading...