Kerajinan Batik Mantyasih Motif Rumput Liar Di Magelang

0 166

Kerajinan Batik Mantyasih Motif Rumput Liar Di Magelang

Sebuah industri rumah tangga yang memproduksi batik tulis yang khas dari Desa Wanurejo, Dusun Tingal Kulon. Keunikan batik tulis ini terlihat dari corak batik yang menggunakan gambar stupa candi Borobudur.

Industri rumah tangga milik Bu Lusi ini baru berdiri selama 2 tahun ini, tetapi sudah memproduksi batik tulis cukup banyak. Selain memproduksi batik tulis dalam bentuk lembaran, industri ini juga memproduksi kemeja dengan corak batik yang khas. Pembuatan batik tulis dalam industri ini masih menggunakan cara yang tradisional. Pada proses pewarnaan, industri ini banyak memproduksi batik tulis menggunakan bahan alami.

Batik Mantyasih Motif Rumput Liar

Motif utama ini menggambarkan dua jenis rumput dan rumput yang berbunga. Rumput jenis pertama menggunakan garis yang melengkung mengikuti bentuk rumput berdaun sempit hingga meruncing pada ujungnya. Pada bagian tengah rumput yang berdaun sempit terdapat garis lurus di tengah yang melengkung dari pangkal daun mengikuti bentuk daun, garis lengkung tersebut diikuti oleh titik-titik sampai pada ujung daun yang runcing. Jenis rumput yang kedua menggunakan jenis garis zig-zag yang mengikuti bentuk gerigi rumput menjari. Bidang gambar rumput yang menjari terdapat isian garis lurus yang berjajar dengan tingkat panjang berbeda sehingga membentuk segitiga mengikuti 66 daun, serta dipenuhi oleh titik-titik, motif garis disertai titik-titik tersebut biasa disebut dengan motif pengisi sawut cecek.

Source https://infobatik.id/motif-batik-mantyasih-magelang/ https://infobatik.id/motif-batik-mantyasih-magelang/
Comments
Loading...