Kerajinan Batik Motif Alas Alasan Di Klaten

0 134

Kerajinan Batik Motif Alas Alasan Di Klaten

Kerajinan batik tulis Desa Kebon Kecamatan Bayat memiliki keunikan tersendiri dibanding batik daerah lainnya. Batik tulis Kebon lebih banyak menerapkan motif nuansa tumbuh-tumbuhan.

Usut punya usut, motif tersebut terinspirasi dari lingkungan sekitar para perajin. Ketua Kelompok Perajin Batik Kebon, Suminah, mengemukakan, motif dedaunan sengaja dikembangkan sebagai ciri khas batik Kebon karena lingkungan yang masih asri dan terdapat banyak tanaman.

Tema batik disini memang kearifan lokal, idenya dari tanaman di pekarangan sekitar rumah. Ada daun singkong, pepaya, nangka, mangga, dan lainnya. Semua daun bisa dikembangkan jadi motif batik. Makanya untuk batik dari sini dinamakan batik Kebon Indah,” kata Suminah.

Batik Motif Alas Alasan

Batik Bayat Motif Alas-alasan adalah salah satu motif batik tulis asli Bayat yang sangat terkenal sejak dahulu. Motif ini dicirikan dengan design yang dilukis (istilah lokal: di pres) oleh seorang seniman lukis dengan menggunakan pensil yang digambarkan di atas kain putih (mori) sebagai bahan utama kain batik.

Source https://infobatik.id/batik-bayat-motif-alas-alasan/ https://infobatik.id/batik-bayat-motif-alas-alasan/
Comments
Loading...