Kerajinan Batik Motif Angin Di Majalengka

0 190

Kerajinan Batik Motif Angin Di Majalengka

Herty Elit Batik sudah membuat 18 motif batik khas Majalengka. Pemilik Herty Elit Batik Hery Suhersono menyebutkan, salah satu dari dua motif batik yang terakhir dibuat adalah Motif Ki Bagus Rangin. Motif ini terinspirasi sejarah Ki Bagus Rangin yang merupakan tokoh pejuang pada masa penjajahan. Motif tersebut dibuat untuk menghargai jasa dan perjuangan Ki Bagus Rangin, dengan harapan bisa memberi motivasi bagi para generasi muda untuk memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa.

Hasil produkksi Herty Elit selain dipasarkan di Desa Enggalwangi, juga di galeri Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran. Hingga kini kami telah membuat 18 motif khas Majalengka, dan kami akan terus membuat motif lainnya.

Batik Motif Angin

Batik Motif Angin melambangkan kuatnya hembusan doa yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT, oleh segenap masyarakat dan pemerintah Majalengka. Doa yang dipanjatkan tiada henti dari 8 arah mata angin, tak kenal ruang dan waktu, bagaikan angin Majalengka yang bertiup kencang, tak kenal waktu dan musim.

Demi terwujud maksud dan tujuan (cita-cita bersama), “Gemah Ripah Repeh Rapih Sindangkasih Sugih Mukti Kartaraharja”. Angin majalengka perlambambang penolak bala dan motif 8 (delapan) penjuru mata angin melambangkan : kekuatan, keperkasaan, kewibawaan, keteguhan, ketegaran, ketangguhan, kesigapan, dan keberanian masyarakat dan pemerintah Majalengka dalam berkeputusan, mengambil langkah-langkah jitu.

Source https://infobatik.id/batik-majalengka-motif-angin/ https://infobatik.id/batik-majalengka-motif-angin/
Comments
Loading...