Kerajinan Batik Motif Asmat Di Jayapura

0 197

Kerajinan Batik Motif Asmat Di Jayapura

Kekhasan Batik Papua terletak ketika siapapun yang memakai akan terlihat lebih anggun dan menarik, karena memang ada sesuatu yang berbeda yang menyemarakkan penampilannya. Tak ada salahnya memilih dan menambah koleksi Batik Papua. Salah seorang pembatik asal Jayapura adalah Somon Yulia.

Seperti daerah penghasil batik lainnya yang memiliki sentra produksi, Papua juga memiliki sentra batiknya sendiri yaitu Jayapura, yang merupakan ibukota Propinsi Papua Barat. Biasanya pekerjaan membatik di Papua juga dibagi-bagi. Untuk perempuan mengerjakan batik tulis sedangkan laki-laki membuat batik cap. Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan Batik Papua adalah katun dan sutra.

Namun karena cuaca di Papua panas, sehingga lebih banyak menggunakan bahan katun. Dahulu untuk pewarnaannya masih menggunakan pewarna alami yang berasal dari buah pinang. Tetatpi saat ini lebih banyak menggunakan warna sintetis. Selain itu banyak juga batik yang diproduksi dengan proses batik printing bermotif khas Papua. Adapula beberapa kain Batik Papua yang diproduksi di Jawa kemudian dijual di Papua. Bisa jadi hal tersebut dilakukan untuk menekan ongkos produksi.

Batik Motif Asmat

Suku Asmat merupakan suku yang sudah terkenal sejak dahulu mendiami daerah Papua. Kebudayaan dari suku Asmat bak sudah mengakar di Papua. Hal tersebut pun akhirnya juga menjalar melalui perkembangan motif batik.

Motif Asmat biasanya memiliki warna coklat dengan paduan warna tanah terakota. Ragam hias utamanya berupa patung-patung kayu khas suku Asmat sendiri. Tak jarang pula ragam hias tersebut berupa alat-alat musik khas kebudayaan Asmat.

Source https://qlapa.com https://qlapa.com/blog/pesona-batik-papua
Comments
Loading...