Kerajinan Batik Motif Banji Di Sukoharjo

0 218

Kerajinan Batik Motif Banji Di Sukoharjo

Kerajinan batik tradisional di Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah, kini ibarat bangkit dari kubur. Setelah masa kejayaan batik tulis klasik dan cap karya tangan-tangan perajin di era 1950-1970-an “terkubur” akibat serbuan tekstil bermotif batik yang disebut batik printing, kini pamor batik Bekonang kembali cemerlang. Kisah pahit-getir di jagat kerajinan batik itu dialami para perajin Bekonang, di antaranya Harsono, seorang perajin batik.

Di tengah maraknya pasaran batik tradisional belakangan ini, para perajin batik tulis dan cap berupaya tidak meninggalkan tradisi membatik yang diwariskan turun temurun. Berbeda dengan proses produksi batik printing dengan pewarnaan bahan kimia, para perajin batik tulis dan batik cap lebih banyak memanfaatkan bahan pewarna alami dengan proses pewarnaan tradisional.

Harsono mengungkapkan, produksi kain batik sekarang ini 80 persen telah menggunakan bahan pewarna alami. Penggunaan warna alami lebih ramah lingkungan, karena limbah cair yang terbuang mudah terurai sehingga tidak menimbulkan polusi.

Batik Motif Banji

Motif Banji merupakan motif klasik yang dikembangkan dari ornamen dasar swastika yang kemudian disambung-sambung setiap ujung-ujungnya sehingga terbentuk susunan swastika yang saling terhubung yang disebut motif Banji.

Motif batik banji umumnya memiliki pola berbentuk silang yang diberi tambahan garis-garis pada ujungnya dengan gaya melingkar kekanan dan kekiri. Nama motif banji ada berbagai macam di antaranya adalah bani guling, banji bengkok, banji kacip dan banji kerton.

Dalam seni batik Indonesia, pola banji yang berkembang dewasa ini sekarang sudah mengalami banyak bermacam perubahan. Dimana motif batik yang ditampilkan banyak diberi hiasan-hiasan tambahan, misalnya bunga-bungaan sehingga motif silang yang menjadi ciri khas batik banji sukar untuk dikenali.

Source https://fitinline.com https://fitinline.com/article/read/keistimewaan-motif-batik-banji/
Comments
Loading...