Kerajinan Batik Motif Bawang Merah Di Brebes

0 146

Kerajinan Batik Motif Bawang Merah Di Brebes

Presiden Joko Widodo secara khusus meminta tim Badan Ekonomi Kreatif ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk membantu masyarakat di Kecamatan Salem membuatkan produk inovatif dan kreatif batik. Memang nama batik salem di telinga khalayak luas masih belum setenar batik asal Solo, Yogyakarta, atau Pekalongan. Batik produksi itu pun masih sebatas industri rumah tangga.

Namun, siapa sangka batik buatan masyarakat Desa Bentar dan Bentarsari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, tersebut mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki batik mana pun di daerah lain yang memang sudah dikenal sebagai sentra batik.

Maestro sejarawan di Kabupaten Brebes, Atmo Tan Sidik, menuturkan asal-muasal kemunculan batik Salem mulai sekitar awal 1900-an lalu. Menurut sejarah yang diungkapkan para sesepuh setempat, tepatnya pada 1917.

Batik Motif Bawang Merah

Batik Motif Bawang Merah merupakan batik tulis yang bisa diproduksi hanya 200 potong kain per bulan. Dengan demikian tawaran menggiurkan dari Senegal terpaksa ditolak. Sungguh disayangkan kesempatan emas yang mungkin tidak datang dua kali tersebut berlalu begitu saja. Padahal jumlah pengrajin batik lokal Brebes ada sebanyak 800 orang yang tersebar di Kecamatan Salem, terutama di desa Bentar dan desa Pasir Panjang. 

Source https://infobatik.id/motif-bawang-merah-bikin-senegal-kesengsem/ https://infobatik.id/motif-bawang-merah-bikin-senegal-kesengsem/
Comments
Loading...