Kerajinan Batik Motif Beras Wutah Di Kebumen

0 119

Kerajinan Batik Motif Beras Wutah Di Kebumen

Salah satu perajin yang cukup dikenal masih memproduksi batik tulis berkualitas adalah produksi batik Sekar Jagad milik Hikmah. Perempuan kelahiran 20 Februari 1972 ini mulai memproduksi batik tulis sejak tahun 2007. Proses produksi batik Sekar Jagad serta beragam batik produksinya yang dipamerkan di galeri di Jalan Karang Sambung, Kebumen.

Namun, kenyataannya, beberapa teman Hikmah selalu menghubungi dan memintanya mencarikan kain batik. “Ya, beberapa teman selalu minta saya mencarikan kain batik. Saya pikir, kan, lumayan, bisa dapat uang tambahan. Permintaan ternyata terus bertambah. Nah, kain batik cap produksi ibu yang saya terus ambil lama-lama juga enggak cukup. Apalagi banyak masukan dan permintaan batik tulis. Ditambah saat itu ada kebijakan Pemda bahwa PNS wajib menggunakan batik. Saya langsung memutuskan untuk mencoba memproduksi sendiri dan lalu membuat Sekar Jagad secara mandiri, enggak sama ibu lagi,” jelasnya mengingat awal bisnis yang ditekuninya.

Batik Motif Beras Wutah

Beras Wutah dalam bahasa Kebumenan berarti beras tumpah. Motif batik beras wutah didominasi dengan warna putih sebagaimana beras yang tercecer. Warna dasar nya adalah coklat, sedangkan motif daun-daunan baik bermotif biru tua dan putih. Tapi kalau dicermati ternyata bukan motif daun-daunan tetapi sepertinya motif burung sedang mematuk beras yang tumpah.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-kebumen-motif-beras-wutah/
Comments
Loading...