Kerajinan Batik Motif Buketan Di Bali

0 143

Kerajinan Batik Motif Buketan Di Bali

Selain memiliki panorama yang indah, Pulau Bali juga sarat dengan dengan hasil kerajinan tangan para penduduknya. Salah satunya adalah kain tenun batik. Di Desa Tohpati, Kecamatan Batubulan, Bali terdapat sentra pembuatan batik berbahan kain tenun. Sejumlah butik berdiri menawarkan hasil karya para perajin batik ini yang terkenal memiliki kualitas tinggi.

Pulau Bali memang memiliki sejuta pesona alam dan budaya. Pesona ini bagaikan magnet yang mampu menarik banyak wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjungi Bali.

Kain-kain hasil tangan ini lantas dijual di butik-butik yang juga berdiri di desa ini. Itu sebabnya, selain berbelanja, pengunjung juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik di tempat ini. Kadek Sugiarta, Pemilik Butik Bidari menuturkan, butik ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Umumnya kegiatan produksi dilakukan setelah mendapat permintaan dari konsumen.

Batik Motif Buketan

Buketan berarti seikat bunga dan nama ini diambil dari bahasa Perancis. Motif batik ini sebenarnya sudah lama diproduksi di Indonesia, yaitu pada tahun 1880 oleh seorang pengusaha batik yang mempunyai darah Belanda bernama Cristina Van Zuylen.

Motif batik Bali Buketan ini mempunyai motif berupa tanaman bunga atau tumbuhan-tumbuhan kecil yang tersusun sepanjang lebar kain dengan hiasan tambahan berupa kupu-kupu, burung hong, burung bangau, dan juga selulur yang menambah nilai artistic dari motif batik tersebut.

Source https://infobatik.id/motif-batik-bali-buketan/ https://infobatik.id/motif-batik-bali-buketan/
Comments
Loading...