Kerajinan Batik Motif Bunga Khas Jakarta Di Pulogebang

0 203

Kerajinan Batik Motif Bunga Khas Jakarta Di Pulogebang

Salah satu warisan Indonesia yang terkenal hingga kancah Internasional adalah Batik. Ada beragam motif batik yang populer di Indonesia, contohnya Kawung, Parang, Truntum,dan masih banyak lagi. Meskipun telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNICEF, Batik tetap perlu dilestarikan agar bisa diteruskan ke anak-cucu nanti. Adalah Iwet Ramadhan, desainer dan salah satu pendiri JKTCreative yang sudah sejak lama mendedikasikan karyanya untuk keberlangsungan batik.

Bekerjasama dengan salah satu perusahaan e-commerce Indonesia, Iwet Ramadhan menciptakan desain batik yang nantinya dikerjakan para rumah tangga di Rusunawa Pulo Gebang, Jakarta Timur. Batik rancangannya ini ia beri nama Swarnadwipa.

“Swarnadwipa itu adalah tanah emas. Ini sebenarnya gambaran dari topografi tanah. Kemudian saya berpikir kalau tanah ini bisa diolah dengan baik kemudian disemaikan bibit-bibit yang baik itu juga akan menghasilkan tanah yang hijau, yang lebih subur. Nah ini adalah gambaran sebenarnya tentang kesuburan yang kita tuju,” ujar Iwet.


Pria yang mendirikan label busana Tik Shirt ini mengaku terinspirasi dari batik daerah Pekalongan yang dikombinasikan dengan bentuk berbagai bunga. “Inspirasinya sendiri dari batik pesisiran, batik Pekalongan. Batik Pekalongan itu terkenal dengan motif Buketan, ini motif yang floral atau bunga-bungaan dan bunga-bunganya dapat kita temukan di daerah pesisiran,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai presenter ini.

Iwet Ramadhan menambahkan, “Saya kombinasikan juga dengan beberapa bunga yang ada di Jakarta, seperti salah satunya adalah bunga flamboyan. Karena bunga flamboyantini sudah ditetapkan sebagai salah satu flora khas Jakarta.”

Hasil desain motif batik Iwet Ramadhan akan dikerjakan ibu-ibu rumah tangga yang berada di daerah Rusun Pulogebang. Selama beberapa hari ke belakang, para wanita ini telah menerima pelatihan membatik langsung dari Iwet dan juga Shopee Indonesia. Selain melestarikan budaya Indonesia, mereka juga turut serta dalam memberdayakan wanita Indonesia untuk dapat menghasilkan karya yang berguna.

Source https://wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/read/2018/03/27/182506/3939927/233/iwet-ramadan-rancang-motif-batik-terinspirasi-bunga-khas-jakarta
Comments
Loading...