Kerajinan Batik Motif Burung Hong Di Rembang

0 129

Kerajinan Batik Motif Burung Hong Di Rembang

Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan Babagan sebagai desa wisata kampung batik lasem. Ini sekaligus menambah deretan sentra batik yang sebelumnya hanya Karasgede-Lasem, serta Karaskepoh, Tuyuhan, dan Pancur Kecamatan Pancur.

Salah satu perajin, Hafidz tidak menetapkan target khusus pasca-peluncuran Kampung Batik Lasem kali ini. Baginya, yang penting adalah peningkatan kunjungan turis termasuk meluasnya pemasaran Batik Tulis Lasem.

Batik Motif Burung Hong

Burung Hong mempunyai bentuk seperti burung Merak. Bulu Burung Hong memiliki beberapa warna dan terlihat sangat indah. Dari kebanyakan lukisan atau motif yang menggambarkan burung Hong, burung ini mempunyai bentuk yang bercampur antara beberapa jenis hewan ungas. Namun satu yang pasti adalah, burung Hong selalu terlihat berwibawa dan anggun di setiap goresan bentuknya. Dari sinilah orang Tiong Hoa percaya bahwa simbol kebahagiaan lekat dengan keberadaan Burung Hong.

Mitos yang terdapat pada Burung Hong sangat lekat dengan kehidupan warga Tionghoa. Burung Hong sering dijadikan sebagai hiasan pada dekorasi pernikahan, yang biasanya disandingkan bersama Naga. Mereka percaya bahwa dalam mitologi China, jika burung Hong dipasangkan dengan Naga, dapat menjadi simbol hubungan mesra antara suami dan istri. Permaisuri Kaisar Cina dan putri-putri istana pun turut menggunakan burung Hong sebagai motif utama di pakaian untuk perayaan hari besar Cina.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/makna-motif-burung-hong-pada-batik-lasem/
Comments
Loading...