Kerajinan Batik Motif Ciamisan Di Ciamis

0 152

Kerajinan Batik Motif Ciamisan Di Ciamis

Perajin mulai mendirikan kembali tempat pembuatan batik yang sudah puluhan tahun ditutup karena kalah pasaran dengan batik printing. Misalnya Sanggar Rukun Batik yang merupakan perajin batik khusus tradisional, sanggar ini mulai memproduksi kembali batik khas Ciamis dengan mempekerjakan sedikitnya 20 orang pekerja.

Selain memproduksi batik, Sanggar Rukun Batik juga akan membuka tempat belajar membuat batik Ciamisan, khusus bagi warga dan generasi muda Ciamis. Tujuannya, agar batik Ciamisan bisa lebih dikenal, baik oleh warga Ciamis maupun luar kota. Dan agar batik Ciamis tak akan lekang oleh waktu. Untuk memajukan kerajinan batik di Ciamis, Pemda setempat mengharuskan setiap PNS Ciamis menggunakan motif khas batik Ciamis. Pemasaran batik Ciamis tidak hanya dilakukan di sekitar Ciamis tetapi juga sudah mencapai keluar Ciamis. Sentra batik Ciamis yaitu di Dusun Ciwahangan Desa Imbanagara Ciamis.

Batik Motif Ciamisan

Perpaduan dari berbagai unsur akhirnya dibuat dengan menyesuaikan selera dan juga gaya yang disenangi oleh masyarakat daerah ini sehingga menjadi sebuah motif yang sederhana namun sangat indah dan juga menawan. Dengan bentuk dan Motif Batik Ciamisan yang tidak terlalu ramai motif batik dari daerah ini sering juga disebut sebagai Motif Batik Sarian. Motif batik dari Ciamis ini sering dipadukan dengan kain yang kalem dan hal ini memperlihatkan selera dan karakter masyarakat Ciamis yang sederhana dan juga tenang.

Motif batik yang dibuat oleh penduduk Ciamis ini pada umumnya merupakan motif batik yang mengandalkan unsur keindahan motif saja tanpa memiliki makna, lambang atau nilai-nilai khusus yang ada pada setiap motif batiknya. Motif batik yang dibuat oleh seniman batik ini lebih menekankan pada ungkapan masyarakat daerah ini yang sangat menyukai kesederhanaan dalam usaha mereka untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian mereka.

Source https://infobatik.id/motif-batik-ciamisan/ https://infobatik.id/motif-batik-ciamisan/
Comments
Loading...