Kerajinan Batik Motif Cirendeu Di Cimahi

0 135

Kerajinan Batik Motif Cirendeu Di Cimahi

Kota Cimahi sejauh ini baru memiliki produk Batik Cimahi yang sudah dikenal luas. “Kami berupaya untuk mengadakan lomba cenderamata untuk memunculkan kerajinan yang mencirikan Cimahi. Tetapi sjauh ini memang belum ditemukan,” kata Atty Suharti Tochija di Cimahi.

Apalagi, kata Atty, pihaknya juga belum memiliki ruang pamer untuk hasil olahan dan kerajinan masyarakat. Namun, sejauh ini dilakukan pengembangan kerajinan tangan diupayakan di lokasi asli sehingga terbentuk menjadi sentra kerajinan khas Cimahi. Konsumen tinggal datang ke satu lokasi dan mereka sudah mendapatkan display sambil meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Jadi, pengrajin juga terpacu untuk memajukan diri dan terus mengolah hasil kerajinanya agar layak dipasarkan. sehingga, tidak selalu tergantung Dekranasda maupun pemerintah dan menampilkan keunggulan produk Cimahi yang sesungguhnya,” ujarnya.

Selain itu, sebagai Kota Dagang, Dekranasda Kota Cimahi juga berupaya untuk meyakinkan Pemprov Jabar agar menjadikan Cimahi sebagai etalase kerajinan khas Jawa Barat. “Kita berharap Cimahi menjadi market leader industri kerajinan di Jawa Barat,” ujarnya.

Batik Motif Cirendeu

Motif Cirendeu yang dibuat oleh Dadang lebih mewakili masyarakat adat Kampung Cirendeu yang terletak di wilayah Leuwigajah, Cimahi Selatan. Singkong atau sampeu yang merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat sekitar selama 80 tahun, telah menjadi inspirasi untuk menciptakan motif batik. Jadi, pada motif Cirendeu ini, motif daun singkong dan ketela lebih mendominasi.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/motif-cirendeu-khas-cimahi/
Comments
Loading...