Kerajinan Batik Motif Ciung Wanara Di Ciamis

0 171

Kerajinan Batik Motif Ciung Wanara Di Ciamis

Perajin mulai mendirikan kembali tempat pembuatan batik yang sudah puluhan tahun ditutup karena kalah pasaran dengan batik printing. Misalnya Sanggar Rukun Batik yang merupakan perajin batik khusus tradisional, sanggar ini mulai memproduksi kembali batik khas Ciamis dengan mempekerjakan sedikitnya 20 orang pekerja.

Selain memproduksi batik, Sanggar Rukun Batik juga akan membuka tempat belajar membuat batik Ciamisan, khusus bagi warga dan generasi muda Ciamis. Tujuannya, agar batik Ciamisan bisa lebih dikenal, baik oleh warga Ciamis maupun luar kota. Dan agar batik Ciamis tak akan lekang oleh waktu. Untuk memajukan kerajinan batik di Ciamis, Pemda setempat mengharuskan setiap PNS Ciamis menggunakan motif khas batik Ciamis. Pemasaran batik Ciamis tidak hanya dilakukan di sekitar Ciamis tetapi juga sudah mencapai keluar Ciamis. Sentra batik Ciamis yaitu di Dusun Ciwahangan Desa Imbanagara Ciamis.

Batik Motif Ciung Wanara

Motif Ciung Wanara merupakan apresiasi dari legenda kebesaran Ciung Wanara (Manarah), Raja Galuh Karangkamulyaan. Berikut ini kisah tentang Ciung Wanara. Ciung Wanara (Manarah) adalah keturunan raja. Ketika bayi, ia dihanyutkan ke Sungai Citanduy namun diselamatkan seorang petapa.

Alkisah, setelah dewasa, Ciung Wanara pun kembali ke pusat Kerajaan Galuh di Karangkamulyaan sambil membawa ayam aduan. Manarah kembali ke tampuk kekuasaan Kerajaan Galuh setelah ayamnya menang di medan aduan. Itulah sebabnya motif batik Ciamisan Ciung Wanara ini digambarkan dengan sayap dan ekor ayam jago, keranjang tempat mengangkut ayam, dan kurungan ayam aduan. Motif Ciung Wanara ini termasuk motif favorit konsumen.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-ciamis-motif-ciung-wanara/
Comments
Loading...