Kerajinan Batik Motif Cokro Kembang Di Pacitan

0 157

Kerajinan Batik Motif Cokro Kembang Di Pacitan

Perajin batik tulis di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kesulitan untuk memasarkan produknya karena keterbatasan sarana dan prasarana selain kompetisi yang ketat dengan produk batik tulis daerah lain.

“Kami memang belum memiliki pangsar pasar yang bagus (spesifik) karena produk batik pace khas Pacitan masih kalah bersaing dengan daerah lain,” kata Wiwit Peni Dwi Artari di Desa Watukarung, Kabupaten Pacitan.

Belum banyak campur tangan ataupun upaya langsung pemerintah daerah dalam membantu pemasaran batik pace yang dibuat para perajin batik tradisional di Pacitan, khususnya dari wilayah Kecamatan Pringkuku dan Desa Watukarung. Wiwit mengatakan, strategi pemasaran yang dilakukan para perajin sejauh ini hanya mengandalkan promosi melalui media sosial Facebook ataupun blog, serta cara tradisional ke calon pembeli.

Batik Motif Cokro Kembang

Batik Cokro Kembang adalah salah satu potensi unggulan yang diyakini kedepan akan menjadi komoditas Batik Puri Cokrokembang utama Pacitan dari sektor ekonomi adalah potensi batik Pacitan. Dan salah satu tempat penghasil batik Khas Pacitan adalah di Kecamatan Ngadirojo atau Lorok. Produk batik dari Kecamatan ini adalah batik puri. Tempat pembuatan batik Puri ini tepatnya di desa cokro kembang kecamatan ngadirojo pacitan, yang jaraknya sekitar 45 Km dari pusat kota Pacitan.

Source https://infobatik.id/batik-cokro-kembang/ https://infobatik.id/batik-cokro-kembang/
Comments
Loading...