Kerajinan Batik Motif Colet Di Cilacap

0 141

Kerajinan Batik Motif Colet Di Cilacap

Cilacap mempunyai potensi besar pada kerajinan batik. Sentra produksi batik di Kabupaten Cilacap sekarang ini ada di Kecamatan Maos Cilacap serta lalu berkembang ke Nusawungu serta sebagian desa di lokasi Cilacap sisi timur. Produksi batik Cilacap dikelola oleh 2 grup usaha wanita Batik Rajasa Mas Di desa Maos Lor yang diketuai Euis Rohaini serta Kencana Desa Maos Kidul yg diketuai Ny Maryo.

Menurut cerita, seni batik dibawa golongan bangsawan yg datang ke Maos lebih kurang era ke-18 serta konon tuturnya batik catat Maos adalah karya warisan saat Pangeran Diponegoro. Dari waktu itu, seni batik catat mulai dikenalkan serta sampai sekarang ini di kenal dengan batik catat Maos.

Product batik catat tradisional asli Cilacap cukup diminati beberapa kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang serta Eropa. Saat ini product itu juga telah dapat didapati di Julia Van Causal Boutiq, Toohool Boutiq serta Sossumi Boutiq di London, Inggris serta beberapa butik di Belanda.

Batik Motif Colet

 

Batik Colet khas Rajasa Mas Cilacapan yang pada zaman dahulu dikenal sebagai kain batik untuk kaum jelata kini sudah sejajar dengan batik-batik dari daerah lainnya. Bahkan, batik ini banyak digemari oleh warga yang ada di luar Pulau Jawa. Pemasarannya pun sudah merambah di 15 negara, antara lain negara Spanyol, Flaminggo, Australia hingga Turki. Pada dasarnya, batik ini adalah batik tulis. Hanya saja pewarnaan dasar menggunakan sistem colet atau kuas. Selain itu, batik colet memiliki warna yang khas karena menggunakan bahan pewarna asli dari tumbuh-tumbuhan. Batik ini tak kalah dengan batik dari daerah lain seperti Yogya, Solo, Pekalongan, Lasem dan daerah lainnya.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-colet-cilacap-tembus-15-pasar-mancanegara/
Comments
Loading...