Kerajinan Batik Motif Elung Bimo Kurdo Di Jepara

0 150

Kerajinan Batik Motif Elung Bimo Kurdo Di Jepara

Para perajin batik motif Jepara sepakat untuk membentuk paguyuban. Kesepakatan itu dinyatakan dalam pertemuan yang difasilitasi Ketua Lembaga Pelestari Seni Ukir, Batik, dan Tenun Jepara, Hadi Priyanto, berlangsung di Kantor Humas Setda Jepara. Harapannya melalui paguyuban ini mereka dapat  bersama-sama mengembangkan batik motif Jepara yang relatif baru. Namun sejatinya, batik motif Jepara pernah dikembangkan pada masa RA Kartini.

Setelah melakukan diskusi yang cukup alot pada akhirnya mereka sepakat  terhadap motif batik Jepara. “Batik motif Jepara memiliki ciri khas orname ukiran motif Jepara yang telah dikenal di mancanegara. Itu pula yang pernah dikembangkan RA Kartini,” ujar Yanti Jadmiko salah satu perintis batik motif Jepara. Bahkan lima karya Yanti Jadmiko telah dipatenkan.

Batik Motif Elung Bimo Kurdo

Motif Elung Bimo Kurdo berupa bentuk lung yang besar-besar, yang diilhami motif batik penting tapi ternyata tak sekadar motif dari tokoh pewayangan Bima, serta menunjukkan karakter agung, kokoh dan wibawa. Menurut perkembanganya Seni Batik Jepara digabung dengan Tenun Ikat Troso, dengan cara menenun benang hingga jadi kain troso lalu membatik kain tenun tersebut dengan motif-motif Ukiran khas Jepara.

Source https://infobatik.id/batik-jepara-motif-elung-bimo-kurdo/ https://infobatik.id/batik-jepara-motif-elung-bimo-kurdo/
Comments
Loading...