Kerajinan Batik Motif Gebyok Di Kudus

0 179

Kerajinan Batik Motif Gebyok Di Kudus

Menurut Kepala Desa Karangmalang, Masbianto, di Kudus, membatik sebagai tahap awal menuju sentra batik, agar mayoritas masyarakatnya bisa membatik. Dengan adanya keahlian membatik tersebut, diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk menekuni usaha batik tulis.

“Jika pertumbuhan usaha batik tulis di desa ini semakin berkembang, tentunya desa ini tidak hanya menjadi sentra batik, melainkan bisa pula dijadikan desa wisata batik dan bordir,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, usaha bordir sudah tumbuh berkembang di desa ini, sehingga dikenal sebagai sentranya usaha bordir dan konveksi. Ia mengakui, untuk mengembangkan batik tulis tidak mudah, karena membutuhkan dukungan masyarakat, terutama dalam menekuni keahlian dalam membatik.

“Untuk menjadi seorang pembatik yang mahir, butuh waktu yang lama serta butuh ketekunan dalam belajar membatik,” ujar Mahmudah salah satu perajin batik.

Batik Motif Gebyok

Motif Gebyok adalah semacam partisi khas Jawa yang digunakan untuk sekat antar ruang dalam rumah. Fungsinya bukan hanya sebagai partisi, tapi juga sebagai pintu dan juga pengganti dinding. Kudus juga terkenal dengan gebyok. Jadi tak heran bila salah satu batiknya diberi motif gebyok.

Source https://infobatik.id/batik-kudus-motif-gebyok/ https://infobatik.id/batik-kudus-motif-gebyok/
Comments
Loading...