Kerajinan Batik Motif Gentong Kembang Malate Di Tanjung Bumi

0 157

Kerajinan Batik Motif Gentong Kembang Malate Di Tanjung Bumi

Berwisata ke Pulau Madura kini lebih mudah dan cepat. Karena dari arah Surabaya kurang lebih 15 menit melewati Jembatan Suramadu, kita sudah sampai di Kabupaten Bangkalan. Sesampai di kabupaten yang merupakan pintu gerbang Pulau Madura ini, tidak jauh dari Jembatan Suramadu kita akan menemukan banyak pengrajin batik tulis yang membuka gerai di samping kanan-kiri jalan raya.

Tepatnya di Desa Tonjung, Kecamatan Bangkalan, atau 5 kilome­ter ke arah utara dari Jembatan Suramadu sisi Madura. Selain banyak pengrajin yang membuka gerai, di sini dapat ditemukan banyak pilihan corak batik sesuai dengan yang disukai. Tentu semua itu pengaruh juga dengan harga. Menurut Sugiarto, mengatakan, batik-batik yang dijual di tempat ini semua rata-rata adalah buatan Tanjung Bumi yang memiliki kekhasan motif dan warnanya.

Batik Motif Gentong Kembang Malate

Bagi masyarakat Tanjung Bumi menuangkan filosofi Kembeng Malate (bunga melati) di dalam membuat suatu karya batiknya, yang masih tetap Nampak kelihatan walaupun berbagai banyak warnah di samping-samping bunga dalam kain batik itu masih kelihatan keteguhan dan kecerahan warna yang bunganya dalam kain. Keteguhan itu pun melambangkan tentang sifat orang Madura yang memiliki jiwa tanggu dalam menjalani kehidupan, mereka tersebar di semua plosok daerah dan di kenal seorang yang tangguh-tangguh.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-gentong-kembang-malate-khas-tanjung-bumi/
Comments
Loading...