Kerajinan Batik Motif Jahe Serempang Kandang Di Indramayu

0 176

Kerajinan Batik Motif Jahe Serempang Kandang Di Indramayu

Sejumlah perajin batik tulis, Murdianto khas pantai utara Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi permintaan pasar ekspor, seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Belanda.

Permintaan batik tulis khas pantura Kabupaten Indramayu yang cenderung membaik itu menggairahkan kembali usaha batik tradisional. Sebelumnya mereka sempat berhenti produksi akibat lesunya penjualan kain batik tersebut.

Ia mengatakan saat ini kesempatan perajin untuk kembali berkarya karena batik tulis kian diminati, baik pasar lokal maupun pesanan dari sejumlah negara seperti Amerika dan Jerman.

Ia mengatakan batik tulis Paoman khas Kabupaten Indramayu memiliki keunggulan pewarna yang alami ditambah goresan tinta yang rapi sehingga diminati oleh konsumen.

Batik Motif Jahe Serempang Kandang

Motif jahe Serempang Kandang merupakan motif batik khas Indramayu yang motifnya terinspirasi dari tanaman jahe yang umumnya banyak hidup secara bergerombol, dimana disetiap gerombolnya ada gerombol umbi yang merupakan buahnya. Makna motif ini adalah jika hidup berkeluarga sebaiknya bergerombol serta menjalin kebersamaan yang hangat diantara sesama. Jahe Sertempang Kandang artinya Jahe yang bergerombol namun belum berkembang atau belum tumbuh besar.

Source https://www.kamerabudaya.com https://www.kamerabudaya.com/2018/06/batik-indramayu-sejarah-ciri-khas-ragam-motif-dan-perkembangannya.html
Comments
Loading...