Kerajinan Batik Motif Jukok Kenduy Di Tanjung Bumi

0 178

Kerajinan Batik Motif Jukok Kenduy Di Tanjung Bumi

Berwisata ke Pulau Madura kini lebih mudah dan cepat. Karena dari arah Surabaya kurang lebih 15 menit melewati Jembatan Suramadu, kita sudah sampai di Kabupaten Bangkalan. Sesampai di kabupaten yang merupakan pintu gerbang Pulau Madura ini, tidak jauh dari Jembatan Suramadu kita akan menemukan banyak pengrajin batik tulis yang membuka gerai di samping kanan-kiri jalan raya.

Tepatnya di Desa Tonjung, Kecamatan Bangkalan, atau 5 kilome­ter ke arah utara dari Jembatan Suramadu sisi Madura. Selain banyak pengrajin yang membuka gerai, di sini dapat ditemukan banyak pilihan corak batik sesuai dengan yang disukai. Tentu semua itu pengaruh juga dengan harga. Menurut Sugiarto, mengatakan, batik-batik yang dijual di tempat ini semua rata-rata adalah buatan Tanjung Bumi yang memiliki kekhasan motif dan warnanya.

Batik Motif Jukok Kenduy

Para perajin batik terinspirasi dari ikan teri atau yang biasa di sebut orang Madura adalah Jukok Kenduy, karna filosofi Jukok Kenduy (ikan teri) adalah ikan yang bentuknya kecil akan tetapi memiliki gizi yang sangat luar biasa, walaupun ikan tersebut kecil ketika dijual tergolong sangat mahal. Dan bentuk dari ikan tersebut pun indah walaupun sederhana. Inspirasi dari ikan teri itulah maka perajin batik yang terdapat di Tanjung Bumi memiliki inisiatif membuat batik yang motifnya sederhana akan tetapi kelihatan sangat elegan dan indah.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-jukok-kenduy-khas-tanjung-bumi/
Comments
Loading...