Kerajinan Batik Motif Jumputan Pasir Bromo Di Pasuruan

0 201

Kerajinan Batik Motif Jumputan Pasir Bromo Di Pasuruan

Mengunjungi Kabupaten Pasuruan, wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan berbagai wisata tapi juga kerajinan khas yang dibuat oleh warga setempat. Bedanya dengan kain batik dari daerah lainnya, kain batik Pasuruan hadir dengan corak unik sesuai filosofi Kabupaten Pasuruan.

Untuk corak batiknya, batik Pasuruan lebih dikenal dengan corak daun sirih dan daun sukun. Daun sirih sendiri sangat kental dengan filosofi terbentuknya Kabupaten Pasuruan dan daun sukun berkaitan dengan filosofi Desa Mendalan.

“Batik tulis itu semua sama, yang membedakan adalah coraknya. Jadi sebelum membeli, kenali dulu coraknya, karena corak batik itu ada filosofinya masing-masing,” tambah Martinus Agus Lamidi.

Harga batik tulis khas Pasuruan pun cukup murah, hanya sekitar Rp185 ribu per potongnya. Namun untuk saat ini, lanjut Martinus, pembuatan batik berdasarkan dari pesanan pihak instansi pemerintahan saja. Para perajin batik di Kampung Batik Bina Lestari, yang terletak di Desa Mendalan Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. 

Batik Motif Jumputan Pasir Bromo

Batik jumputan pasir Bromo diambil darinama Gunung Bromo, yang sudah terkenal. Nama Bromo sengaja diangkat untuk membuat penasaran para pecinta batik. Harapannya, grade batik Pasuruan naik dan mampu bersaing dengan potensi batik yang lebih dulu muncul. Dari sisi desain, batik jumputan pasir bromo bersifatabstrak, yakni berbentuk butiran-butiran pasir kecil, besar dan berlekuk.

Motif Pasir Bromo satu contoh yang sangat menarik, dengan rangkaian warna yang sederhana, motif ini menggambarkan pesona panorama alam Lautan Pasir (Caldera) dari obyek wisata Gunung Bromo yang merupakan kebanggaan Kabupaten Pasuruan yang telah menjadi ikon wisata nasional dan telah dikenal secara internasional.Selain namanya yang unik, Batik Pasuruan juga mulai dikenal karena mampu menciptakan pewarna kain batik buatan sendiri. Beberapa bahan dasar yang digunakan adalah daun mangga yang memunculkan warna hijau dan kulit kayu mahoni dengan warna merah. Bahan-bahan ini tentu akan memunculkan warna yang alami. Diharapkan Batik Pasuruan, kedepannya bisa menjadi batik yang terkenal seperti batik asal Madura, Pekalongan dan batik-batik dari daerah yang lainnya.

Source https://infobatik.id/529-2/ https://infobatik.id/529-2/
Comments
Loading...