Kerajinan Batik Motif Kapal Kandas Di Indramayu

0 153

Kerajinan Batik Motif Kapal Kandas Di Indramayu

Sejumlah perajin batik tulis, Murdianto khas pantai utara Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi permintaan pasar ekspor, seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Belanda.

Permintaan batik tulis khas pantura Kabupaten Indramayu yang cenderung membaik itu menggairahkan kembali usaha batik tradisional. Sebelumnya mereka sempat berhenti produksi akibat lesunya penjualan kain batik tersebut.

Ia mengatakan saat ini kesempatan perajin untuk kembali berkarya karena batik tulis kian diminati, baik pasar lokal maupun pesanan dari sejumlah negara seperti Amerika dan Jerman.

Ia mengatakan batik tulis Paoman khas Kabupaten Indramayu memiliki keunggulan pewarna yang alami ditambah goresan tinta yang rapi sehingga diminati oleh konsumen.

Batik Motif Kapal Kandas

merupakan motif batik khas Indramayu yang motifnya menggambarkan kapal karam dengan rantai-rantainya yang sudah terputus serta terdampar diatas bebatuan, kapalnya hancur sehingga hanya tersisa dok dan puing0puingnya kapalnya saja. Ada yang memaknai jika kapal andas motif ini adalah kapal yang sedang tinggal landas dari pelabuhan untuk kemudian mengarungi luasnya samudera. Makna yang terkandung pada motif kapal kandas ini adalah memberi harapan baru bagi siapa saja yang memakai motif ini.

Source https://www.kamerabudaya.com https://www.kamerabudaya.com/2018/06/batik-indramayu-sejarah-ciri-khas-ragam-motif-dan-perkembangannya.html
Comments
Loading...