Kerajinan Batik Motif Kapal Kandas Di Kudus

0 191

Kerajinan Batik Motif Kapal Kandas Di Kudus

Menurut Kepala Desa Karangmalang, Masbianto, di Kudus, membatik sebagai tahap awal menuju sentra batik, agar mayoritas masyarakatnya bisa membatik. Dengan adanya keahlian membatik tersebut, diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk menekuni usaha batik tulis.

“Jika pertumbuhan usaha batik tulis di desa ini semakin berkembang, tentunya desa ini tidak hanya menjadi sentra batik, melainkan bisa pula dijadikan desa wisata batik dan bordir,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, usaha bordir sudah tumbuh berkembang di desa ini, sehingga dikenal sebagai sentranya usaha bordir dan konveksi. Ia mengakui, untuk mengembangkan batik tulis tidak mudah, karena membutuhkan dukungan masyarakat, terutama dalam menekuni keahlian dalam membatik.

“Untuk menjadi seorang pembatik yang mahir, butuh waktu yang lama serta butuh ketekunan dalam belajar membatik,” ujar Mahmudah salah satu perajin batik.

Batik Motif Kapal Kandas

Kabupaten Kudus memiliki motif batik yang diberi nama batik Kapal Kandas. Kenapa diberi nama Kapal Kandas karena ribuan tahun silam kapal Sam Po Kong yang berlayar melewati pesisir Muria kandas karena rusak, sehingga para penumpang asal negeri tirai bambu tersebut akhirnya banyak yang bermukim di lereng muria, cerita tersebut akhirnya diabadikan dalam motif batik oleh masyarakat Kudus. Batik kapal kandas ini menjadi kekayaan budaya nasional dan merupakan salah satu motf yang paling khas dibanding batik di daerah lain.

Source https://infobatik.id/789-2/ https://infobatik.id/789-2/
Comments
Loading...