Kerajinan Batik Motif Kembang Pete Di Indramayu

0 122

Kerajinan Batik Motif Kembang Pete Di Indramayu

Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Batik yang semula terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional, kini mengalami perubahan fungsi batik. Motif-motif yang digunakan sudah merupakan hasil dari kreasi baru mendekati pada motif abstrak yang merupakan peralihan tradisional dan modern.

Sentra kerajinan batik di Kabupaten Indramayu umumnya berada di pesisir meliputi Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Karang Song, Terusan, Sindang dan DermayuSuradi menjelaskan Batik Indramayu tersedia dalam beragam jenis produk mulai dari bahan belum jadi (kain) sampai produk siap pakai seperti kemeja pria dan pakaian wanita.

Batik Motif Kembang Pete

Motif Kembang Pete dibuat berdasarkan gambaran alam sekitar yang dituangkan dalam bentuk seni batik pada zaman dahulu. Pohon pete yang banyak tumbuh di sekitar daerah Indramayu kebanyakan pete China atau dikenal dengan sebutan bendara (lamtoro) yang tumbuh di pesawahan atau batas-batas pekarangan.

Bendara ini buahnya biasa dipakai sebagai menu lalapan dan kayunya berfungsi sebagai pagar antar rumah atau kebun/sawah. Ada pun pete yang besar ditemu di Indramayu bagian selatan berbatasan dengan Sumedang atau Subang. Biji pete dengan rasa khas banyak disukai oleh masyarakat. Motif kembang pete ini dapat diartikan seperti halnya pohon pete yang buahnya bisa dimakan dan pohonnya berfungsi sebagai pagar artinya manusia dalam hidupnya selain harus berguna bagi diri sendiri juga kepada masyarakat sekitarnya misalnya dapat membantu satu sama lainnya.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-indramayu-motif-kembang-pete/
Comments
Loading...