Kerajinan Batik Motif Kembang Srengenge Sore Di Semarang

0 154

Kerajinan Batik Motif Kembang Srengenge Sore Di Semarang

Pembuatan Motif Batik di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Sangatlah natural, berasal dari ide kreatifitas yang terlahir dari para pengrajinnya. Tentunya pengrajin tersebut memiliki kebudayaan yang kental dengan ciri khas budaya Semarang, salah satu nya adalah Yanti, oleh karena itu motif batik yang sering ditampilkan dari batik Semarang yaitu beberapa gambar rumah adat istiadat, mesjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief khas dari kota Semarang. Untuk pembakuan sebuah motif atau corak di Semarang belum direalisasikan layaknya Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan, dan beberapa kota lainnya yang membuat batik dengan peresmian corak yang khas dari masing-masing kota.

Batik Motif Kembang Srengenge Sore

Batik Kembang Srengenge Sore adalah motif berbasis flora dari Batik Semarang 16. Dinilai sangat cocok dipakai di bulan Ramadan karena berfungsi sebagai pengingat.

Kembang srengenge atau bunga matahari jika sore menghadap ke barat atau kiblat. Pada saat Ramadan, nyaris semua manusia akan ingat pada kiblat karena menunggu maghrib. Sebenarnya ini motif yang sarkastis. Banyak yang ingat kiblat saat sore. Kalau Ramadan yang diingat hanya maghribnya. Sedangkan di luar Ramadan orang akan ingat kiblat jika sudah berusia senja. Apapun temanya, ternyata batik-batik khas Semarang ini banyak bermunculan di Bulan Ramadan. Meski ketika diciptakan tidak dikhususkan untuk Bulan Ramadan saja.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-kembang-srengenge-sore/
Comments
Loading...