Kerajinan Batik Motif Kenongorejo Di Madiun

0 248

Kerajinan Batik Motif Kenongorejo Di Madiun

Daerah Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur adalah Sentra Kerajinan Batik di Madiun. Sentra kerajinan batik ini berwujud toko yang sangat sederhana. Salah satu perintis dari kerajinan batik asli Madiun ini adalah Pak Subiyono.

Di sentra nya. beliau menjelaskan banyak hal tentang proses pembuatan batik. Beliau juga mengatakan para perajin batiknya setiap hari memproduksi batik maka tempat tersebut akan penuh dengan batik-batik yang sedang diproses. Disini bisa berkesempatan melihat proses pewarnaan batik. Mereka cekatan sekali mewarnai lembaran-lembaran kain batik tersebut.

Batik Motif Kenongorejo

Motif andalan dari Batik Kenongo adalah selain bunga kenanga, juga adanya motif porang. Motif ini terinspirasi dari Bunga kenanga yang banyak tumbuh di desa Kenongorejo, begitu juga Motif porang,  tanaman porang yang banyak tumbuh di Desa Kenongorejo yang terdapat di tepi hutan.

Untuk meningkatkan penjualan, perajin batik lainnya terus berinovasi guna memenuhi keinginan pasar. Tidak hanya batik tulis saja yang diproduksi namun juga batik cap dan printing. Upaya dari Pemerintah Kabupaten Madiun Madiun patut diberikan apresiasi, yaitu mengembangkan empat motif batik yang dijadikan kekhasan atau ciri dari wilayah setempat dengan menggandeng pengrajin batik yang ada. Dari keempat motif batik yang dikembangkan dan dijadikan ciri khas dari batik Kabupaten Madiun tersebut adalah Batik Kenongo yang merupakan motif batik paling tua.

Source https://infobatik.id/batik-kenongorejo/ https://infobatik.id/batik-kenongorejo/
Comments
Loading...