Kerajinan Batik Motif Kilen Di Situbondo

0 183

Kerajinan Batik Motif Kilen Di Situbondo

Kabupaten Situbondo terletak  di pesisir pantai utara Propinsi Jawa Timur. Selain keindahan alam yang mempesona, kota ini juga menyimpan keindahan kebudayaan berupa kain batik khas Situbondo. Motif Batik Sitobondo kebanyakan bermotif kerang dan hasil laut. Sejarah Batik Situbondo sudah dimulai sejak lama, banyak versi tentang keberadaan batik di Situbondo zaman dahulu.

Mulai dari batik yang ada di Desa Selowogo Kecamatan Bungatan yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang dinamai Batik Lente. Batik di Situbondo sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970 atau sebelumnya, hal ini dapat dibuktikan dengan peninggalan kain batik yang ada di Desa Peleyan Kecamatan Kapongan (Batik Cotto’an). Terdapat juga Batik Kilen yang berasal dari Desa Kilensari. Namun seiring beberapa permasalahan yang terjadi, menyebabkan batik yang ada di Situbondo mati suri. Salah seorang perajinnya adalah Siren.

Batik Kilen menggunakan dominasi warna kalem, dengan motif kerang, bougenville bersama tema air. Batik Kilen terdapat di Desa Kilensari yang merupakan sebuah wilayah Perdusunan dan merupakan nama Desa di Kecamatan Panarukan Situbondo. Batik yang dikelola oleh beberapa warga ini memiliki corak dan kekhasan yang sangat berbeda dibandingkan dengan yang batik-batik lain yang diproduksi di daerah lain, misalnya batik motif bougenville merah, motif kerang dan bougenville, dan lain-lain. Corak-coraknya khas Situbondo, sebuah kekayaan karya tersendiri yang dimiliki sebuah Kabupaten di Jawa Timur ini.

Source https://infobatik.id/batik-kilen-khas-situbondo/ https://infobatik.id/batik-kilen-khas-situbondo/
Comments
Loading...