Kerajinan Batik Motif Kompeni Di Cirebon

0 160

Kerajinan Batik Motif Kompeni Di Cirebon

Cirebon memiliki destinasi wisata batik di Desa Trusmi yang tidak kalah menarik dengan Yogyakarta, Solo atau Pekalongan. Dari destinasi yang sayup terdengar, Trusmi kini semakin terkenal.

10 Tahun yang lalu, tidak banyak wisatawan mengetahui Batik Trusmi di Cirebon. Kecuali penggemar berat batik, atau mereka yang berdomisili di Bandung atau sering pergi ke Cirebon. Namun kalau pergi ke sana hari ini, Anda akan melihar pusat grosir batik dengan parkiran luas dan jejeran butik-butik batik dari yang sederhana sampai mewah.

Erwin Ibrahim pemilik Rajjas Batik, salah satu gerai Batik Trusmi. Erwin mengatakan perubahan Batik Trusmi menjadi destinasi wisata populer, baru terasa dalam 5 tahun terakhir.

Erwin tidak salah, berawal dari satu desa yaitu Trusmi, kini produksi batik menular ke 3 desa lain yaitu Panembahan, Kali Tengah dan Kali Wulu. Namun untuk penjualan, Desa Trusmi masih menjadi andalan.

Kalau motif ini tentu tidak kalah unik, Motif batik kompeni ini ternyata juga tidak kalah populer dibanding mega mendung. Adapun keunikan dari motif ini adalah munculnya gambar-gambar yang seakan bercerita tentang kehidupan masyarakat Indonesia saat masih dijajah oleh kompeni atau Belanda. Pada motif ini terlihat jelas gambar tentara yang sedang memegang senjata serta masyarakat pribumi yang seakan dipaksa melakukan pekerjaan serta aneka aktivitas lainnya pada masa silam.

Source https://cireboncinnamon.com https://cireboncinnamon.com/motif-batik-cirebon-dan-maknanya/
Comments
Loading...