Kerajinan Batik Motif Kontemporer Di Rembang

0 119

Kerajinan Batik Motif Kontemporer Di Rembang

Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan Babagan sebagai desa wisata kampung batik lasem. Ini sekaligus menambah deretan sentra batik yang sebelumnya hanya Karasgede-Lasem, serta Karaskepoh, Tuyuhan, dan Pancur Kecamatan Pancur.

Salah satu perajin, Hafidz tidak menetapkan target khusus pasca-peluncuran Kampung Batik Lasem kali ini. Baginya, yang penting adalah peningkatan kunjungan turis termasuk meluasnya pemasaran Batik Tulis Lasem.

Batik Motif Kontemporer

Untuk dapat meningkatkan daya saing di pasaran, sebagian pengrajin Batik Tulis Lasem di Rembang, Jawa Tengah menambahkan sentuhan kontemporer pada motif batiknya. Namun, bukan berarti menghapus ciri khas batik tulis Lasem yang bergaya Chinese-Jawa. Beberapa hasil karya batik tulis Lasem saat ini mulai terbuka dengan motif batik dari daerah lainnya. Seperti motif latohan khas batik Lasem yang dipadukan dengan motif parang. Latohan merupakan gambaran dari tanaman latoh yang merupakan sejenis ganggang yang banyak terdapat di Lasem. Tak jarang juga, desain motif khas Batik Lasem diperbarui dengan desain yang lebih modern.

Source https://infobatik.id/ada-motif-kontemporer-cara-batik-lasem-agar-eksis/ https://infobatik.id/ada-motif-kontemporer-cara-batik-lasem-agar-eksis/
Comments
Loading...