Kerajinan Batik Motif Krakatau Di Lampung

0 133

Kerajinan Batik Motif Krakatau Di Lampung

Kain-kain bahan untuk kemeja terbungkus rapi dalam plastik dengan warna-warna cerah, seperti merah, hijau, kuning serta warna lainnya, yang merupakan hasil karya kaum ibu di wilayah Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, terlihat dipilih oleh pembeli yang tertarik dengan kain batik khas bermotif bunga-bunga dan mahkota khas Lampung, Siger.

“Awalnya memang kami memikirkan upaya untuk memberdayakan kaum perempuan di desa kami dalam bidang usaha pembuatan batik tulis, khususnya yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat di sini, di antaranya motif siger,” ungkap Arsyad,

Arsyad pembina Gabungan Kelompok Batik (Gapoktik) Krakatau yang juga merupakan Kepala Dusun Campang Kanan, Desa Tanjungan, Kecamatan Katibung, mengungkapkan, Kelompok Batik Krakatau tersebut terbentuk sejak Januari 2016.

Lusiana mengaku, salah-satu niatnya setelah kembali ke tanah kelahirannya di Lampung adalah memberdayakan masyarakat, khususnya kaum perempuan di wilayah Ketibung, agar bisa membantu suami dalam memperoleh penghasilan tambahan serta masih bisa merawat anak. Selain itu, ia berencana membuat konsep edukasi bagi anak-anak sekolah berupa outbound batik untuk wisata bagi tamu yang berkunjung ke wilayah Ketibung. “Selain membina kelompok di Dusun Campang Kanan, saya juga memiliki kelompok pembuatan batik tulis di Desa Rejo Agung yang anggotanya mencapai tiga puluhan orang,” ungkapnya.

Ia mengaku, dalam sepekan bisa membuat batik tulis siap jual sebanyak 3 lembar, dan mampu memperoleh penghasilan ratusan ribu rupiah dari proses pembuatan batik tersebut. Sebelumnya, pemasaran batik tulis yang ada di kelompok batik Krakatau tersebut hanya dilakukan saat ada pameran. Namun, setelah batik tulis semakin dikenal, sebagian dijual dengan dititipkan ke beberapa toko. Saat ini, dengan berbagai motif batik tulis khas Lampung dijual dengan kisaran harga Rp. 250.000 hingga Rp. 1 Juta.

Source https://infobatik.id/batik-krakatau-motif-khas-lampung-berdayakan-kaum-ibu/ https://infobatik.id/batik-krakatau-motif-khas-lampung-berdayakan-kaum-ibu/
Comments
Loading...