Kerajinan Batik Motif Kuda Lumping Di Kediri

0 304

Kerajinan Batik Motif Kuda Lumping Di Kediri

Hannie merupakan desainer yang bertekad untuk mengorbitkan kain khas daerah Kota Kediri ke kancah nasional dan internasional. “Motif kuda lumping sudah saya tampilkan di Malaysia. Tahun depan kami tur ke sejumlah negara Asia membawa batik kuda lumping Kediri,” ungkap Hannie.

Dua kain yang dibidik untuk dipromosikan kain batik Kediri dan kain tenun khas Bandar. Untuk desain hasil karyanya Hannie tak segan-segan turun langsung ke perajin memberikan masukan kreatif. Salah satunya perajin kain batik yang semula hanya menampilkan motif kuda lumping dengan ukuran kecil. Dari hasil  pendekatannya kemudian perajin mengubah pola menjadi ukuran besar. Ia kerap meminta desain untuk ukuran yang serasi dengan postur tubuh manusia. Tak heran baju hasil rancangnya dengan pola kuda lumping banyak mencuri perhatian para pengamat mode.

Perancang busana yang gemar mengecat rambutnya warna-warni ini bertekad untuk terus menggali kekuatan kain tradisional karena melahirkan banyak inspirasi. Sementara Ny Triasih, pengamat mode menyatakan salut dengan kemampuan Hannie mengeksplore kain tradisional untuk fashion modern.

“Tidak banyak perancang mode yang mau mengangkat kain tradisional untuk buah karyanya,” ungkap Triasih.

Hannie merupakan salah satu desainer dan perancang mode sekaligur pengrajin yang secara khusus mampu mengeksplor kekuatan kain tradisional untuk fashion yang mutakhir.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/lifestyle/2016/11/22/batik-kuda-lumping-ala-kediri-bakal-go-international
Comments
Loading...