Kerajinan Batik Motif Kujang Kijang Di Bogor

0 213

Kerajinan Batik Motif Kujang Kijang Di Bogor

Merintis usaha batik di Kota Bogor, Siswaya dan Rukayah berharap bisa memberdayakan perajin batik asal Yogyakarta. Dengan modal awal sekitar Rp 150 juta, hasil menjual rumah dan mobil, keduanya membatik bersama.

”Saya ingin memberi kontribusi di kota tempat tinggal kami. Selain juga karena kami merasa rasa nasionalisme terusik ketika batik diklaim milik negara lain,” kata Siswaya tentang motivasinya merintis usaha kerajinan batik di Kota Bogor, tempat tinggalnya sejak 25 tahun lalu.

Tekadnya semakin bulat untuk menjadi perajin batik karena dia belum melihat ada warga Kota Bogor yang menjadi perajin batik tulis ataupun cap. Tak seperti umumnya motif batik yang dikenal di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Siswaya dan Rukayah mulai membatik dengan motif gambar yang dikenal di Kota Bogor. ”Biar batik kami punya ciri khas tersendiri,” ujar Siswaya.

Batik Motif Kujang Kijang

Motif Kujang Kijang, Bogor Motif-motif batik Bogor terinspirasi dari peninggalan kerajaan Pakuan, benda-benda sejarah, fenomena alam, dan kebudayaan. Salah satu motif yang terkenal adalah motif Kujang Kijang. Motif ini mengandung dua ikon kota Bogor, yaitu Kujang dan Kijang. Kujang merupakan senjata tradisional khas Sunda, sedangkan kijang merupakan hewan yang berada di Istana Bogor.

Source http://bogor.tribunnews.com http://bogor.tribunnews.com
Comments
Loading...