Kerajinan Batik Motif Latar Lancah Di Pemalang

0 186

Kerajinan Batik Motif Latar Lancah Di Pemalang

Kota Pemalang berkembang batik dengan ciri khas yang unik dan berbeda dengan daerah lain. Batik khas Pemalang dikenal dengan nama Batik Pemalangan. Motif Batik Pemalangan tidak berwarna-warni seperti pada umumnya motif batik di daerah Pesisir, namun batik ini lebih banyak menggunakan pewarna alam. Batik Pemalang memiliki kualitas bagus dengan warna alam, namun daya jual produk tersebut masih kalah dengan daerah lain.

Reni salah seorang pengrajin batik pemalang. Ada beberapa penyebab, yaitu motif batik relatif monoton atau tidak berkembang, serta harganya lebih mahal. Sementara batik dari daerah tetangga, seperti Batik Pekalongan mempunyai corak beragam, memenuhi selera pasar, dan harganya relatif lebih murah. Batik Pemalang selama ini kurang menonjol karena masih sedikit perajin setempat yang berani lepas dari pakem. Salah satu jenis Batik Pemalang dengan Motif Latar Lancah.

Motif Latar Lancah diambil dari kata Latar berarti sarang dan lancah berarti laba-laba, jadi latar lancah adalah sarang laba-laba. Motif ini melambangkan harapan bahwa dalam kehidupan manusia harus tetap kreatif dalam mencari nafkah, seperti laba-laba dalam membuat rumah dan selalu mengembangkan diri, dimana fungsi rumah selain dipakai sebagai tempat tinggal juga dapat berfungsi sebagai tempat mencari nafkah, misalnya dengan memproduksi batik di rumah (home industri) untuk menambah penghasilan.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-pemalang-motif-latar-lancah/
Comments
Loading...