Kerajinan Batik Motif Lawang Sewu Di Semarang

0 193

Kerajinan Batik Motif Lawang Sewu Di Semarang

Motif batik di Semarang adalah gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif batik disebut juga dengan corak batik atau pola batik. Motif Batik Semarangan identik dengan landmark dan naturalis. Landmark menunjukkan tempat-tempat yang menjadi ikon kota Semarang, sedangkan naturalis seperti ikan, kupu-kupu, bunga, pohon, kombinasi bukit dan bunga mempunyai makna karakter masyarakat pesisiran yang bersifat lebih terbuka dan eskpresionis.

Yanti salah seorang perajin mengatakan bahwa dalam proses membatik, ada keunikan lain dari para pengrajin batik di Semarang. Sebagian besar dari mereka sudah menggunakan canting elektrik. Canting tersebut dihubungkan ke listrik, kemudian potongan-potongan malam dimasukkan ke dalam lubang canting. Salah satu motif batik yang terinspirasi.

Motif Batik Lawang Sewu merupakan Motif Landmark. Lawang Sewu adalah gedung tua bekas kantor perusahaan kereta peninggalan Belanda. Gedung ini memiliki banyak pintu, karena itu dijuluki Lawang Sewu alias pintu seribu. Gedung ini menjadi ikon kota Semarang yang sangat terkenal. Tak heran, jika gambar gedung Lawang Sewu banyak dijadikan Motif Batik Semarangan.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-motif-lawang-sewu/
Comments
Loading...