Kerajinan Batik Motif Lereng Lesung Di Cilegon

DIGITAL CAMERA
0 153

Kerajinan Batik Motif Lereng Lesung Di Cilegon

Berangkat dari cita-cita melestarikan warisan sejarah dan budaya bangsa itulah, Hany Seviantry membangun Sanggar Batik Krakatoa. Sanggar batik yang berlokasi di Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon ini, merekrut kalangan perempuan, mulai dari remaja, ibu rumah tangga hingga nenek-nenek.

Dijelaskan Hany, ia memberikan pelatihan membatik kepada kaum perempuan di Cilegon. Pelatihan diberikan oleh instruktur batik dari Cirebon, kota yang terkenal dengan perajin batik. “Setelah mereka bisa, kemudian kami memproduksi batik dengan gambar yang bermotif Banten,” kata Hany. Semua motifnya digambar dari kearifan lokal yang berkembang di Kota Cilegon.

“Ciri khas kuliner Banten dan nama temoat bersejarah di Banten inilah yang kami harapkan bisa ikut membantu menyosialisasikan dunia pariwisata Banten di masyarakat luar. Sehingga ketika ada wisatawan yang datang kesini, bisa membeli cinderamata batik khas Banten,” tutur istri dari pengusaha mudai di Cilegon Helldy Agustian ini

Batik Motif Lereng Lesung

Simbol ”rumput laut” yang di padu dengan ”isem-isem cecek krambyang” menggambarkan letak geografis Kota Cilegon yang dibatasi oleh garis pantai yang penuh dengan interaksi sebagai kota yang dinamis bagai air laut terus bergerak menghasilkan gelombang dan riaknya, hingga menjadikan kota ini serat dengan dinamika kehidupan.

Simbol ”Lesung” diangkat dari salah satu seni budaya tradisional Kota Cilegon yakni Bandrong Lesung yang merupakan seni budaya yang berkembang dalam masyarakat Kota Cilegon, sekaligus merupakan kristalisasi dari nilai-nilai budaya, estetika, sikap, dan tata kehidupan masyarakat Kota Cilegon. Selain itu simbol lesung berfungsi simbol kembar (lesung = kapal) dan rantai tali jangkar kapal yang melambangkan Kota Cilegon sebagai Kota Pelabuhan, dimana Kota Cilegon mempunyai Pelabuhan Merak dan Cigading yang juga merupakan salah satu motor penggerak perekonomian dan pariwisata.

Simbol ”Kuba Masjid” merupakan gambaran tentang kepercayaan adat istiadat dan agama di Kota Cilegon sebagai manifestasi dan komunikasi masyarakat Kota Cilegon yang bernuansa religius/agamis. Simbol ”Bunga Melati, Mawar, dan Rumput laut” adalah simbol keadaan alam flora dan fauna Kota Cilegon yang memberikan gambaran bahwa masyarakat Kota Cilegon penuh kasih, cinta, dan ramah tama. Simbol ”Roda Gerigi” merupakan gambaran bahwa Kota Cilegon dikenal sebagai kota industri baik secara skala nasional maupun internasional, dan terbuka untuk investor.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-cilegon-motif-lereng-lesung/
Comments
Loading...